4 Cara Aman untuk Menguatkan Otot pada Leher Bayi

Pada bayi bagian leher merupakan bagian tubuh yang paling lemah saat lahir. Bayi baru dapat menegakkan lehernya saat berusia 3 bulan. Itu juga dengan posisi tegak hanya 45 derajat. Anda dapat melakukan beberapa cara untuk membuat otot leher pada bayi lebih cepat kuat. Berikut ini cara aman yang bisa Anda lakukan.


1.      Biasakan untuk Bayi Tengkurap

Aktivitas tengkurap merupakan cara untuk melatih otot leher bayi. Pada saat tengkurap bayi akan mengangkat lehernya untuk melihat Anda atau pun benda di depannya. Anda bisa mengajaknya bermain dengan posisi tengkurap ini. Anda juga bisa membuat bayi tengkurap dengan cara menyusuinya. Anda bisa melatih ini dengan perlahan-lahan.

Latihan ini bisa Anda mulai saat bayi telah berusia di atas 3 bulan. Pastikan Anda melakukan latihan ini dengan memberikan jeda jika bayi baru selesai Anda berikan ASI. Anda bisa juga melakukan latihan ketika bayi selesai mandi sebelum diberikan ASI,

2.      Membuat Leher Bayi Bergerak

Saat berusia dua bulan bayi telah memiliki kemampuan untuk memutar bagian lehernya. Bayi akan cenderung melihat dan menoleh pada bunyi-bunyian. Anda bisa melakukannya dengan memanggil nama bayi atau menggunakan mainan yang mengeluarkan bunyi. Latihan bisa Anda mulai dengan membantu menggerakkan lehernya dengan memegang dagu bayi secara perlahan.

Latihan berenang dengan membawa bayi ke SPA baby merupakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat leher bayi bergerak. Anda bisa mulai melakukannya pada usia 4 bulan ke atas saat bayi telah mampu mengangkat lehernya setegak 45 derajat.

3.      Melakukan Pijat

Pijat merupakan langkah untuk merangsang otot-otot pada tubuh bayi Anda. Adanya pijat akan menstimulasi saraf motorik bayi. Anda bisa melakukan pijat pada bagian yang mendukung kekuatan otot seperti pada bagian punggung. Pijatan bisa Anda lakukan dengan membawanya ke pijat bayi atau melakukannya sendiri jika Anda telah mempelajari cara melakukannya.

Saat memijat Anda bisa menggunakan lotion baby atau baby oil  untuk mempermudah proses memijat. Anda bisa menggunakan aroma yang menyegarkan dan menenangkan bayi Anda. Pastikan produk yang digunakan aman sehingga tidak membuat bayi Anda mengalami iritasi dan alergi.

Anda bisa mendapatkan lotion baby atau baby oil  di toko perlengkapan bayi secara online dengan harga promo lebaran 2018. Potongan harga dimulai dari 8% hingga 24% untuk setiap produknya dengan ketentuan yang berlaku.

4.      Mengajari Duduk

Kondisi tubuh bayi Anda akan semakin kuat di usia 6 bulan ke atas. Anda bisa melatih kekakuan otot leher bayi dengan mengajarinya duduk. Anda bisa melakukannya saat mandi atau pun setelah menyusui. Lakukan latihan dengan rutin setiap pagi dan sore agar otot leher bayi lebih cepat terlatih.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi harus selalu dilakukan pemantauan. Anda harus mengamatinya dengan baik agar perkembangan bayi berjalan dengan normal. Jika ada kondisi yang lambat atau tidak seharusnya terjadi, Anda bisa segera konsultasikan dengan dokter anak.